Rabu, 14 Maret 2012

Review SKRIPSHIT

Iya, ini adalah buku terbaru dari Alitt Susanto. Mahasiswa sastra inggris angkatan tua (banget) di salah satu perguruan tinggi swata di Jogja. Tenang bang, nama baik kampus mu aman kok, aku nggak nyebutin kok kalo kamu kuliah di Sanata Dharma. Aku lebih suka manggilnya dengan panggilan “om”. Ya gimana yah, umur emang nggak bisa dibohongi deh. Apalagi statusnya sebagai MAPALA (MAhasiswa PAling Lama) menambah tingkat ke-tuaan nya meningkat berkali-kali lipat. Sama seperti buku pertama nya yg berjudul “SHITLICIOUS”, om Alitt juga menyelipkan kata “SHIT” di judul bukunya. Artinya apa? E’EEEEEEEEEEEEEKKK! Haha tapi karena aku pembaca setia blognya, aku jadi tau kalo “SHIT” yg dimaksud, disini yg artinya “sial”. Jadi kalo yg buku sebelumnya merupakan singkatan dari “SHIT” dan “DELICIOUS”, artinya bukan e’ek yg enak. Tapi SHITLICIOUS yg dimaksud adalah kesialan yg berubah jadi nikmat. Yeah, He says sometimes shit is delicious guys (keren kan, sebenernya aku tuh yg ngajarin dia bahasa inggris. Sssttt diem aja ya tapi). 

Kalo di buku yg sebelumnya gaya nulisnya masih kayak ABG gaul (di zaman nya), di buku ini om Alitt berjanji kalo tulisan nya udah jauh lebih baik lagi, dan dia juga bilang kalo buku ini sebagai penebus dari kekurangan buku nya yg sebelumnya. Judul nya SKRIPSHIT”. Artinya bukan skripsi yg berbentuk seperti eek, atau skripsi yg seharusnya dibuang ke jamban kayak eek. Tapi disini ngejelasin kesialan-kesialan nya selama berhadapan dengan makluk yg tidak berperikemahasiswaan tersebut. Namun nggak cuman sebatas tentang skripsi (baca: calon skripsi), ada juga cerita tentang masa sekolahnya dari SD-SMP-STM, ada juga beberapa tips sesat nya dan ada juga kisah hidup nya yg aku yakin bakal bikin bulu (jangan mikir jorok dulu).. bulu kuduk kalian berdiri tegap kayak tentara lagi dihukum sama atasan nya.


Aku mulai tau om Alitt ini dari twitter. Awalnya sih aku suka karena tweet-tweet nya yg lucu. Tapi setelah aku buka blog nya www.shitlicious.com, ternyata banyak banget yg bisa aku dapetin dari sana. Mulai dari tulisan-tulisan nya yg bikin ngakak nggak karuan, sampe ada juga yg bisa bikin kita mewek nggak karuan. Hampir semua aku suka post nya di blog, tapi kalo boleh milih yg terbaik, pasti aku bakal milih yg “Mama Ku Penjual Jamu” dan ”Lihat Gue Dari Nol”. Asli, ini recommended banget deh. Dan blog ku ini juga terinspirasi dari beliau. Walaupun tulisan-tulisan ku nggak ada seper sekian, diakar, dikali nol (sama dengan “NOL”) dari tulisan nya, tapi disini aku mulai ngerasain gimana nikmatnya jadi blogger. Gimana rasanya tulisan kita dikomen temen, mulai dari cercaan sampe hujatan juga udah aku rasain. Tapi ternyata nulis itu nggak semudah kayak pejabat ngambil uang rakyat nya, sumpah nulis itu ternyata capek beudz udz udz udz. Saat kita mood, pasti enjoy aja nulis sampe sekian halaman, tapi waktu enggak, nulis beberapa kalimat aja udah ngerasa buntet banget kayak om Alitt ngerjain skripsi nya. HAHAHA! *ketawa mahasiswa yg belum ngerasain kejamnya skripsi*

Lah kenapa malah jadi curcol gini? Ya wajar sih namanya juga manusia biasa, jangan kan manusia biasa, presiden aja sukanya juga curcol #eh. Oke fokus ke review tentang SKRIPSHIT nya yah. Aku nunggu buku ini udah dari tahun kemaren waktu om Alitt bilang kalo bakal ngeluarin buku baru yg bakal naik cetak (kalo nggak salah) di februari 2012. Akhrinya buku nya sesuai target, sehingga maret udah mulai nampang di rak-rak gramedia terdekat. Nulis buku aja bisa? Lah kalo skripsi nya kapan dong? #eaaaaaa. Tanggal 10 maret udah mulai menyebar di jabodetabek, kalo masuk jogja sih sehari kemudian. Aku bingung mau beli kapan, soalnya lagi minggu-minggu ujian. Tapi rasa menunggu ku yg berbulan-bulan itu mengalahkan niat ku untuk belajar. Senin tanggal 11 sore buku itu udah di-display di gramedia Sudirman, dan yg bikin wauw adalah waktu malem nya udah masuk di kategori “buku laris”. Malem nya buku itu udah di tangan, walaupun besok nya aku ujian hafalan surat-surat (yg katanya) pendek. Alhasil SKRIPSHIT udah berhasil merebut tangan ku dari buku hafalan. Malem itu langsung tak baca, tanpa memperdulikan ujian ku besok. Karena kayak petuah-petuah sesat yg sering dia bilang “ujian kan masih ada semester depan”. Dan hasilnya, aku cuman nggak bisa dua surat.. dari tiga surat yg diujikan. *terbawa hasutan sang mapala sesat*

Hmm udah sepanjang ini belum nyeritain tentang isi nya? Hehe ya maklum deh kalo banyak curcol nya, soalnya aku hidup jauh dari orang tua, nggak ada yg mau ndengerin cerita ku. Hiks hiks.. *pukul-pukul manja kulit durian*



Oke, kalo sekarang bakal serius deh nulisnya. Yang ketawa tak doain kuliah nya nggak lulus-lulus. Di buku ini gaya nulis om Alitt udah bener-bener beda dari buku sebelum nya. Udah nggak ada lagi kata-kata alay kayak “gw”,”sich” atau “kaPaNz gW ceLecaY ClipCiNya”. Tulisan nya udah kayak di blog nya. Dan dia mulai mempraktekan metode komedi pake hati yg dijarkan oleh salah satu penulis favorit nya, bang @radityadika. Dia juga nepatin janji nya kalo bakal nulis semua nama follower nya di buku ini. Dan ternyata bener, nama ku ada di dalam nya. Makasih ya bang :’) *udah dikibulin mahasiswa abadi*

Di awal kita bakal ngakak-ngakak waktu baca pengalaman om Alitt waktu jadi pelajar (belum mahasiswa, apalagi mahasiswa abadi). Mulai dari temen-temen, guru-guru nya, sampe kenapa dia bisa nyasar dari STM ke jurusan sastra inggris waktu kuliah. Ada juga beberapa kisah-kisah nya dengan para mantan-mantan (gebetan, bukan pacar) nya. Atau pun beberapa tips-tips sesat juga menghiasi buku ini. Walaupun sebagaian aku udah baca, karena kalo nggak salah ada beberapa yg diambil dari blog. Blog siapa? Ya blog nya dia lah, masak blog nya Syahrini. Emang Syahrini punya blog? Udah udah, lupakan.

Dari awal sampe tengah aku ngakak waktu bacanya. Waktu udah di tengah, udah mulai ada rasa bosen. Karena beberapa udah aku baca di blog nya. Tapi waktu aku bosen itu, tibalah di bab yg nggak sehat buat mata. Karena mata ku nyaris nggak kedip waktu awal baca bab “Life Is a Journey”. Aku cuman bisa termenung sambil membayangkan keluarga ku di rumah. Dan dari yg awalnya nggak kedip, perlahan mata ku mulai berubah menjadi berkaca-kaca. Di sini om Alitt berhasil membuat para pembaca nya bener-bener diam tanpa kata, bahakan tawa-tawa yg menghiasi bab-bab sebelum nya hilang bak ditelan Hulk yang 5 bulan belum makan. Dia menceritakan tentang pengalaman hidup nya dari kecil banget, sampe besar seperti sekarang (lubang hidung nya :D). Kalo menurutku sih ini bab yg paling luar biasa, dan menjadi klimaks dari tawa kita pada bab-bab sebelumnya. Dan aku jadi ngerasa lebih deket setelah tau pengalaman hidup nya yg inspiring banget. Hehe aku sengaja emang nggak nyeritain detail nya, biar yg baca tulisan ini pada beli sendiri. *berharap dapet royalti*

Saran aja sih, kalo bisa sediakan tisu sekotak waktu baca bab ini. Karena itu berfungsi banget. Aku sendiri ngalamin itu kok, walaupun buat lap ingus doang. Aku nggak nangis kok, siapa bilang aku nangis. Gengsi dong.

harusnya ada bonus tisu di dalem nya

Terus om Alitt menutup SKRIPSHIT dengan bab SKRIPSHIT. Iyak, ini nyeritain tentang gimana kesialan-kesialan menimpa dia dan skripsi nya. Dan bab ini merumah pandangan ku terhadap dia. Ternyata dia nggak males kok, dia udang ngerjain skripsi nya. Tapi emang ada satu dan dua dan tiga serta banyak hal yg membuat skripsi nya hanya sebatas mimpi belaka. Yakin, buku ini nggak cuman menhibur. Tapi juga menginspirasi banget. Bukan menginspirasi untuk jadi mahasiswa abadai seperti beliau, tapi malah membuat kita tahu bahwa jadi mapala itu nggak enak. Dan membuat kita menjadi lebih terpacu agar tidak mengikuti jejak nya yg cukup suram itu. Nggak nyesel deh ngeluarin uang 41rb untuk mendapatkan inspirasi yg sangat amazing kayak gini. Jadi tunggu apalagi? Buruan pinjem punya temen mu yg udah beli hehe. Jangan deng, untuk menghargai pencipta nya kita harus beli sendiri dong . SALAM MAPALA!

Everything happens for a reason”

1 komentar: